Kamis, 16 April 2015

Asiknya Magang di Puspadanta



PENGALAMANKU DI PUSPADANTA

Namaku adalah Amelia Oktiva Saddani....
Aku Prakerin di Puspadanta selama 3 bulan aku  mulai masuk Prakerin di Puspadanta pada hari Senin , 02 Maret 2015. Awal kegiatan prakerin ada sesi perkenalan dengan pembimbing dan teman-teman dari Smk N 1 Bantul , Smk N 6 Purworejo , Smk N 1 Sragen dan Smk N 1 Purwokerto. Awal masuk prakerin memang aku merasa takut dan malu karena belum kenal sama temen-temen baru dan pembimbing di puspadanta sekaligus tidak tahu apa-apa.
Namun , lama-kelamaan aku saling canda tawa bersama aku jadi merasa nyaman dan terhibur hingga sampe sekarang. Asiknya prakerin di Puspadanta Materi awal aku d ajarkan bagaimana cara membuat narasi yang benar .Tugas pertama prakerin  yaitu membuat narasi dengan tema event sekolah selanjutnya membuat narasi dengan tema Kerajinan , Tempat Wisata , dan Kuliner Makanan. Kemudian aku juga di ajarkan smiling Voice dan test vocal untuk membaca narasi dengan baik dan artikulasi yang jelas .Ternyata tidak gampang belajar smiling voice dan test vocal, tidak lupa kami mengamati tayangan andalan puspadanta yaitu acara Sudut Jogja Jateng dan Cerdas di salah satu channel kompas RBTV Jogja. Aku juga di ajarkan recording dengan narasi Cerdas looo kawan.....  dengan nada khusus dan artikulasi harus jelas... sebelumnya sih latihan dulu dengan Bu rully walaupun belum bisa banget tapi setidaknya sudah tahu dasar-dasarnya. Ada tugas yang sangat menantang sekali yaitu mengambil gambar 20 angle ,memakai kamera Handycam itupun tanpa tripot loh ! . Coba... bayangin deh ngambil gambar tanpa tripot tidak boleh goyang.. serasa gempa kan ?? tapi karena aku berusaha semaksimal mungkin dengan keterampilan dan kemampuan sendiri-sendiri akhirnya aku bisa lulus 20 angle itu , tentunya lulus dengan urutan yang kedua loooo kawan untung gak terakhir kan pastinya. Walaupun banyak yang di delete saat di koreksi sampe mengulangi 3 kali, lega banget deh rasanya. Sehabis lulus 20 angle mendapat tugas membuat narasi dan recording dari salah satu news cerdas yang di berikan oleh pembimbing kemudian di edit dengan aplikasi Adobe Premier Pro CS 6. Aku kaget banget padahal aku tidak tahu sama sekali dengan aplikasi itu tapi aku tidak sungkan untuk bertanya Tehnik berbagai cara mengedit karena aku ingin bisa mengedit untuk kedepannya . setelah itu aku mencoba yang sudah di ajarkan dan alhamdulillah aku mulai sedikit demi sedikit bisa memahami itu. Dari semula tidak tahu apa itu aplikasi adobe premier pro sekarang jadi tambah ilmu.. padahal aku di sekolahan itu juga di ajarkan Aplikasi Adobe Premier CS 6 loo kawan,,,, tapi gak faham .. aku pengen lebih menguasai tentang ilmu editing tapi dengan seiring berjalanya waktu aku yakin bisa menguasai itu semua karena aku  ingin belajar dan usaha semaksimal mungkin agar aku mempunyai kemampuan dan keterampilan mengedit. Setelah itu tugas selanjutnya membuat desain CD label dan Cover dengan tema hewan !!  lalu aku memakai gambar hewan anjing.. karena aku bingung memilih gambar hewan apa ? karena masing-masing peserta prakerin tidak boleh sama harus berbeda semua , setelah aku udah dapat gambarnya aku langsung ngedit membuat CD label dan covernya dengan aplikasi coreldraw namun hanya di beri waktu mengerjakan selama 1 hari , desainku CD label dan Cover sudah jadi kemudian aku nilaikan ke papa Pak Ali .saat pekerjaanku di koreksi harus ada yag di perbaiki sedikit.. kemudian aku berusaha memperbaiki dan akhirnya hasil pekerjaanku di terima sama Pak Ali alhamdulillah lulus . sebenernya aku minder karna desainnya teman-temanku bagus-bagus tapi akhirnya teman-temanku banyak yang memperbaiki dan alhamdulillah dengan usahaku semaksimal mungkin aku lulus duluan daripada teman-temanku..yeeeeeeeeeee
Ohh iya kawan... aku juga di ajak liputan di luar looo....
Pertama aku di ajak liputan di Malioboro Kampung Ketandan  acara  Jogja Dragon Festival TiongHoa dari jam 18.00-23.00 malam kemudian di lain hari  aku di ajak liputan di SD Unggulan Aisiyyah Bantul aku membantu menjadi lighting.. seruu banget lo kawan dapet makan gratis biasalah namanya juga anak kos itu nyarinya yang gratis-gratis tentunya...  aku kemaren d ajak liputan lagi di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta kegiatan perayaan ulang tahun dan aku membantu sebagai wawancara. Terus aku juga di ajak liputan lagi di acara Gelar Budaya daerah Gunung Kidul looo..  Aku paling suka di ajak liputan karena aku bisa mengamati bagaimana proses-prosesnya walaupun memang belum pengalaman banget dan tentunya minder. Nah berhubung akan pemilihan garda atau kelompok ada tugas membikin feature yang bertema tempat wisata dan akhirnya aku sudah menentukan tempatnya yaitu d Pulau Cemeti Yogyakarta , semoga aku kedepannya lancar untuk mengerjakan semua tugas-tugas yang di berikan oleh pembimbing puspadanta dan mendapat hasil yang memuaskan aamiin.. inilah keasikkan prakerin di puspadanta ..Seru banget deh kegiatan di sini.. dan inilah pengalaman kegiatanku selama 2 minggu ini di puspadanta...
Sekian dulu ya kawan dari pengalamanku ....salam puspadanta !! daaaaaaadaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar